May 19, 2017

TIPS MEMULAI USAHA TOUR dan TRAVEL DIRUMAH

TIPS MEMULAI USAHA TOUR dan TRAVEL DIRUMAH Tips dalam memilih agen perjalanan wisata

          Maraknya bisnis travel yang di iringi pesatnya perkembangan pariwisata di Indonesia membuahkan nilai-nilai positif bagi perekonomian daerah, khususnya daerah-daerah yang memiliki nilai eksotis dan alam yang menarik untuk dikunjungi. Oleh karena hal ini juga semakin banyak jasa yang menawarkan berbagai macam paket tour dan travel bagi para wisatawan yang akan berlibur, dengan beragam cara dan promosi yang ditawarkan kepada calon wisatawan yang tentunya menarik untuk diikuti.

          Jasa tour dan travel adalah sebuah bidang usaha yang masuk dalam kategori usaha yang memiliki pasar jangka panjang, Seiring perkembangan pariwisata, menjamurnya usaha tour dan travel menjadikan ketatnya persaingan usaha ini. Hal ini dapat dilihat dari berbagai promo-promo jasa tour dan travel, baik melalui media televisi, spanduk, suratkabar, maupun secara online yang bisa ditemukan di internet, yang memberikan penawaran menarik bagi calon pengguna jasa. Namun jangan khawatir, karna seiring ketatnya persaingan, banyak juga ditemukan motivator-motivator yang mengulas dan mengupas tentang tips dan cara terbaik dalam menjalani bisnis tour dan travel melalui media online yang pastinya dapat dengan mudah ditemukan dan dipelajari. Jelas menjadikan keuntungan tersendiri bagi agen dan distributor yang baru memulai dan merintis bisnis tour dan travel ini.

Silahkan klik link berikut untuk membaca artikel terkait lainnya pada blog ini tentang cara membuat web gratis google web my business sebagai penunjang bisnis.

          Bagi anda yang hendak atau sedang merintis usaha tour dan travel dapat membaca beberapa tips berikut :

Memilih Badan Usaha Tour dan Travel.


          Sediakan waktu untuk dapat mempelajari lebih dalam dan teliti sebuah badan usaha tour dan travel yang akan dipilih menjadi tempat mendaftar untuk menjadi anggota dan membuka usaha tour dan travel. Dapat dilakukan dengan mengunjungi situs resmi badan usaha tersebut, ataupun mengunjungi langsung untuk mendapatkan penjelasan secara jelas dan detail agar tidak terjadi kesalahan dikemudian hari dikarenakan kesalahan dalam memilih badan usaha tersebut.

         Diperlukan ketelitian extra dalam hal pemilihan badan usaha tour dan travel sebagai tempat bernaungnya usaha yang akan anda jalani. Hal ini dilakukan agar jangan sampai anda mengalami banyak kesulitan dalam menjalani usaha tour dan travel tersebut dikemudian hari.
Untuk menilai baik atau tidaknya suatu badan usaha dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya yaitu menggunakan media internet dengan mengunjungi situs badan usaha yang akan dipilih, Pada cara ini jelas yang kita dapatkan adalah selalu sisi positif dari badan usaha tersebut. Maka hal ini dapat dimanfaatkan dengan mempelajari cara kerja usaha tersebut yang mungkin menyediakan panduan bagi pengunjung situs tersebut yang ingin mengetahui tentang berbagai mekanisme usaha tersebut, selain itu juga yang tidak kalah penting adalah dengan mengunjungi forum-forum atau diskusi yang mengulas tentang baik tidaknya badan usaha tersebut. Pada cara ini banyak informasi bermanfaat yang akan diperoleh, karena pada forum atau suatu diskusi pengunjung bebas mengajukan pertanyaan dan memberikan jawaban secara relevan, yang tentunya tetap berkaitan dengan topik yang di bahas tentang badan usaha tersebut. Pada hal ini akan terlihat sisi negatif dan positif suatu badan usaha tersebut.

          Namun janganlah serta merta untuk terus percaya sepenuhnya dengan apa yang kita dapatkan dalam tulisan tersebut, tetaplah bijaksana untuk menyikapinya dan terus mencari informasi terkait dari badan usaha tersebut melalui sumber informasi lainnya untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih badan usaha tour dan travel.

Pelajari Panduan Lengkap.


          Setelah anda resmi menjadi agen tour dan travel, ada baiknya tidak langsung membuka usaha ini secara terbuka, baik online ataupun offline (menyediakan tempat / kantor) dengan tujuan demi menjaga nama baik tempat usaha anda sendiri dan juga nama baik dari badan usaha tour dan travel anda. Sebagai agen travel yang resmi telah membuka usahanya secara terbuka sangat diharapkan oleh badan usaha tour dan travel anda sendiri bahwa anda sebagai agen  telah memahami secara jelas tentang cara menjalankan usaha ini untuk menghindari kesalahan dalam bertransaksi dalam menjalankan usaha ini serta mengakibatkan keluhan pelanggan. Oleh sebab itu sebelum membuka secara resmi usaha tour dan travel anda, sebaiknya pelajari secara lengkap melalui buku panduan lengkap tentang cara-cara setiap bertransaksi yang pasti telah disediakan oleh badan usaha tour dan travel tempat anda mendaftar sebagai agen travel resminya.

Training Keagenan / Seminar.


          Setiap badan usaha keagenan tour dan travel sudah pasti akan memberikan pelatihan / training bagi agen-agen resminya. Cari informasi tentang jadwal dan tempat training / seminar yang diadakan dan ikuti langkah-langkah untuk dapat mengahadiri training / seminar yang diadakan. Karena dengan mengikuti training / seminar yang diadakan oleh badan usaha tour dan travel anda sendiri diharapkan anda sebagai agen dapat lebih jelas memperoleh informasi tentang panduan menjalankan usaha tour dan travel anda. Dalam training / seminar selain panduan cara menjalankan usaha tour dan travel, anda juga akan mendapatkan kiat-kiat dalam memasarkan usaha anda secara online melalui pemasangan iklan di internet.

          Selain itu anda juga dapat bertemu dan berkomunikasi dengan agen-agen resmi lainya yang juga memiliki visi dan misi yang sama dengan anda. Keuntungan lainnya dalam mengikuti training / seminar secara langsung adalah anda dapat bertemu langsung dan menjalin hubungan dengan sesama agen yang dapat anda manfaatkan untuk bertukar pikiran serta menggali dan berbagi pengetahuan dan pengalaman seputar tips dalam menjalankan usaha tour dan travel ini.

Layanan Call Center.


          Sebuah badan usaha tour dan travel yang berskala besar sudah tentu memiliki layanan call center yang bertujuan dapat membantu mengatasi permasalahan dan menjawab pertanyaan dari agen-agen resminya yang mendapatkan kesulitan seputar usaha tour dan travel tersebut via telepon. Sebagai agen resmi anda juga dapat menggunakan layanan call center dalam mengatasi berbagai masalah seputar usaha tour dan travel anda sehingga akan memudahkan anda dalam menjalani usaha tour dan travel ini.

          Setelah anda megikuti langkah diatas dan anda yakin telah cukup mengerti dan dapat menjalankan usaha tour dan travel ini maka mulailah membuka usaha tour dan travel anda dan mulailah berkonsentrasi secara penuh dalam menjalaninya. Ikuti saran dan kiat-kiat yang anda dapat melalui internet ataupun melalui pelatihan / seminar dan informasi dari rekan sesama agen resmi.
Berpondasikan kerja keras, keyakinan dan pengetahuan melalui pelatihan,serta informasi-informasi yang telah anda dapat baik melalui media-media di internet ataupun dari rekan sesama agen adalah merupakan langkah awal yang baik dalam menjalankan usaha anda.

Baca juga artikel lainnya tentang tips dalam memilih agen perjalanan wisata.


EmoticonEmoticon

Blog Archive